Metode Pembelajaran

By Admin 06 Agu 2020, 08:10:05 WIB

Menerapkan kolaborasi antara metode Beyond Center and Circle Time yaitu pendekakatan belajar sambil bermain serta metode Area, yang lebih menekankan Learning by doing serta mendapatkan pengalaman bermain yang bermakna dan dikemas dalam pusat-pusat pembelajaran, diantaranya:

  1. Pusat Pembelajaran Keaksaraan. Anak belajar berhitung, membaca dan peningkatan kemampuan kognitif lainnya
  2. Pusat Pembelajaran Sains dan Bahan Alam. Anak bereksplorasi dengan bahan-bahan sains serta bahan alam untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah, menstimulasi kecerdasan naturalis serta visual special.
  3. Pusat Pembelajaran Konstruksi dan Pembangunan. Anak distimulasi kecerdasan logik matematik, pengetahuan topografi dan lain-lain.
  4. Pusat Pembelajaran Seni dan Peran. Anak distimulasi kecerdasan intra dan extra personalnya, kecerdasan musical, kemampuan berbahasa dan mengeluarkan daya imajinasinya.
  5. Pusat Pembelajaran IMTAQ (Iman dan Taqwa). Anak dibimbing dalam ibadah, membaca dan menulis Al-Qur'an serta kegiatan yang semakin meningkatkan kecintaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala serta Rasululloh Shollalohu 'Alaihi Wasalam

Anak-anak belajar melalui permainan mereka. Pengalaman bermain yang menyenangkan dengan bahan, benda, anak lain dan perhatian orang dewasa menolong anak-anak berkembang dengan baik secara fisik, emosi, kognisi dan sosial. Teori dan penelitian bermain seharusnya menjadi dasar untuk program anak usia dini yang bermutu tinggi.